Senin, 29 Agustus 2022

Pengalaman PKL-ku~


Halo halo!

Kenalin, aku Karina Viki Salsabila seorang mahasiswa Terapis Gigi dan Mulut di Polkesmar. Banyak yang masih asing sama istilah kampusku yang baru yah? Dulunya, Polkesmar ini namanya adalah Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang (Poltekkes Semarang). Sekarang aku sudah memasuki semester tua nih alias semester 7. Doain yah biar bisa lulus dengan mulus huhu..

Nah, aku mau sharing nih kegiatan apa aja sih yang dilakukan oleh mahasiswa terapis gigi dan mulut? Jawabannya adalah, sebagai mahasiswa terapis gigi dan mulut, aku belajar banyak tentang gigi dan mulut manusia seperti anatomi, macam-macam penyakit, penyebab terjadinya penyakit tersebut, dan masih banyak lagi! Sebelum aku menjadi mahasiswa terapis gigi dan mulut, aku masih awam banget tentang gigi dan mulut nih. Aku nggak tau kalau ternyata kesehatan gigi juga sama pentingnya dengan kesehatan tubuh kita. Telat banget nggak sih nyadarnya? Sedih tapi yaudahlah ya..

Saat sudah memasuki semester 5 akan ada kegiatan PKL setiap semesternya loh! Kegiatan PKL ini dilaksanakan untuk menambah pengalaman dan skill kita sebelum kita diterjunkan ke dunia pekerjaan loh. Salah satunya kegiatan PKL yang mau aku jelasin di blog ini adalah kegiatan PKL ku di sekolah dasar hihi..

SDN Sambiroto 01 Semarang merupakan salah satu sekolah dasar yang dipilih oleh Polkesmar sebagai tempat lapangan praktik kita nih. Awalnya aku mikir, untuk bergaul dan berbicara dengan anak sekolah dasar itu gampang banget. Eitsss, ternyata susah banget sampai aku sendiri kewalahan! Anak-anaknya aktif banget ngajak aku main. Salut banget sama guru-guru sekolah dasar! Bener-bener bisa handle anak-anak aktif sebanyak itu menguras tenaga banget. Tapi aku juga happy karena lihat wajah anak-anak yang sumringah bikin aku seneng juga. Kaya energi positifnya tuh ngalir ke aku juga gitu hihi..

Di SDN Sambiroto 01, aku dan teman-teman kelompok mengajarkan kepada anak-anak kelas 4 untuk menggosok gigi dengan teknik yang benar, memilih makanan dan minuman yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut, cara mencegah gigi berlubang, dan memberikan edukasi bahwa pergi ke dokter gigi selama 6 bulan sekali merupakan hal yang penting dan wajar untuk dilakukan. Memberikan kesadaran tentang pentingnya mencegah penyakit gigi dan mulut merupakan hal yang wajib dilakukan guna meningkatkan derajat kesehatan gigi di Indonesia.

Tugas utama profesi kami adalah melakukan edukasi berupa penyuluhan kepada masyarakat sekitar. Nah, di SDN Sambiroto 01 ini kami menggunakan media permainan edukasi 'tempel gambar' untuk meningkatkan pengetahuan anak usia sekolah dasar terhadap kesehatan gigi dan mulut. Penyuluhan kepada anak-anak harus dilakukan semenarik mungkin sehingga anak-anak dapat memberikan perhatiannya kepada penyuluh. Apabila penyuluhan dilakukan secara monoton dan membosankan, sasaran penyuluh akan bosan dan tidak fokus mendengarkan.


Gambar 1.1 Penyuluhan menggunakan media phantom gigi

Gambar 1.2 Penyuluhan menggunakan permainan tempel gambar

Saat kami memulai permainan edukasi tempel gambar, anak-anak sangat antusias juga berebut untuk menjawab loh. Dengan adanya permainan sebagai media penyuluhan bisa membantu daya ingat anak untuk mengingat isi materi penyuluhan sehingga meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut. Kami juga menyiapkan beberapa hadiah sebagai bentuk apresiasi kepada anak-anak yang sudah berani maju dan menjawab beberapa pertanyaan loh.
Gambar 1.3 Pembagian hadiah kepada siswa yang menjawab pertanyaan

Setelah kami melakukan penyuluhan, kami juga melakukan screening atau penjaringan kesehatan gigi dan mulut pada siswa kelas 4. Screening dilakukan untuk mengetahui status kesehatan gigi dan mulut masing-masing siswa. Dengan adanya screening dapat mencegah timbulnya penyakit gigi dan mulut. Apabila ada siswa yang terdeteksi penyakit gigi dan mulut, bisa dilakukan pencegahan supaya tidak bertambah parah.
Gambar 1.4 Penjaringan atau screening kesehatan gigi dan mulut
Gambar 1.5 Penjaringan atau screening kesehatan gigi dan mulut
Gambar 1.6 Penjaringan atau screening kesehatan gigi dan mulut

Kira-kira itu gambaran besar dari kegiatan kami, mahasiswa terapis gigi dan mulut, dalam menjalankan tugas PKL di SDN Sambiroto 01 nih.. Kira-kira adakah dari readers yang memiliki cita-cita menjadi terapis gigi dan mulut juga? Yuk komen di bawah buat saling sharing!

Terima kasih sudah membaca kegiatanku hari ini! 
Sampai jumpa di diary aku lainnya, hehe~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profil Puskesmas Tlogosari Wetan

1. Wilayah Kerja Puskesmas     1.2 Identitas Puskesmas             Nama                           : Puskesmas Tlogosari Wetan             Je...